Monday 24 July 2017

Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

Mempunyai postur badan tidak ideal itu tidak nyaman. Salah satunya adalah faktor penampilan yang kadang menjadi perhatian orang. Pasti ada yang pernah sebel kan kalau ada teman yang menyapa tentang penampilan kita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus. Kita yang tadinya nggak papa jadi agak nggak pede.

Kebanyakan orang akan risau bila berat badannya berlebih. Tapi tidak ketika berat badannya di bawah normal. Maka tak heran, banyak yang melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badannya, agar kembali ke rentang ideal. Padahal kegemukan maupun terlalu kurus sama-sama beresiko terhadap timbulnya berbagai masalah kesehatan

Postur gemuk atau kurus sebenarnya menjadi warning mengenai status gizi atau kecukupan gizi seseorang. Lalu apa patokan untuk status gizi baik atau tidak baik?
Salah satu cara untuk melihat status gizi pada orang dewasa adalah dengan membandingkan antara berat badan dengan tinggi badannya. Salah satu cara yang sering dipakai adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh ( IMT ). Dari perhitungan IMT ini akan terihat apakah nilainya IMT kita berada pada nilai normal atau di luar normal. 

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh

Ini dia rumus menghitung IMT :
Mari kita coba menghitung dan melihat rentang nilai IMT.
Contoh :
Seseorang mempunyai berat badan 50 kg. Tingginya adalah 155 cm. Maka IMT nya adalah :

= 50 : ( 1,55 x 1,55 )
= 50 : 2,4025
= 20,8

Rentang Indeks Massa Tubuh

Menurut Pedoman Umum Gizi Seimbang ( PUGS ) dari Kemenkes ini batas ambang IMT untuk Indonesia adalah sebagai berikut :

Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

Dari rentang nilai di atas, yang harus mendapat perhatian adalah poin pertama dan terakhir. Pada rentang ini seseorang berada dalam kondisi malnutrisi dan beresiko mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Jangan terlalu kurus

Meski tubuh langsing sangat diidamkan, tetap perhatikan rentang aman IMT. Jangan sampai diit untuk menurunkan berat badan ini kebablasan. Kekurangan berat badan di bawah normal dapat beresiko terhadap berbagai masalah kesehatan seperti kerapuhan tulang, gangguan sendi dan pada wanita beresiko lebih besar mengalami keguguran. Selain itu orang kurus biasanya kurang tahan terhadap berbagai aktivitas harian yang agak berat.

Untuk anda yang kekurangan berat badan, penuhi asupan gizi dan tingkatkan asupan makan. Pilih makanan padat gizi tapi tidak berlemak jahat. Perhatikan keseimbangan aktivitas dan istirahat. Bisa jadi berat badan anda nggak naik-naik karena energi untuk aktivitas jauh lebih besar dibanding asupan makan sehari-hari. Anda juga dapat melakuka latihan beban untuk meningkatkan massa otot. 

Jangan terlalu gemuk 

Selain penampilan yang kurang menarik, kegemukan mengganggu kegiatan sehari-hari akibat keterbatasan dalam beraktivitas dan cepat lelah karena gangguan pada saat bernapas.  Beberapa masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat kegemukan ini antara lain : penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes dan tidur mendekur yang dapat menjurus kepada apnea tidur ( henti napas saat tidur ).

Kegemukan dapat diatasi dengan mengurangi jumlah asupan kalori, disiplin mengkonsumsi makan yang sehat dan olah raga yang teratur. Cara ini memang membutuhkan ketelatenan dan waktu yang tidak sebentar, tetapi relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping. Hati-hati dengan program diit yang belum tentu sesuai utuk anda. Berkonsultasi dengan ahli gizi adalah pilihan yang bijaksana untuk menghindari salah memilih menu diit. Untuk penanganan obesitas dengan obat hendaknya berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin timbul.

🌾🌼🌾

Menghitung nilai Indeks Massa Tubuh memang bukan satu-satunya cara untuk mengetahui status kesehatan, tetapi merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi berbagai resiko penyakit dan masalah kesehatan. Untuk mengetahui status kesehatan secara menyeluruh sebaiknya dilakukan general check up yang disesuaikan dengan kondisi dan resiko masing-masing orang.

2 comments:

  1. aku gak bisa gemuk gara-gara kena hipertiroid, masalah hormon ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti ada yang lebih penting yang harus ditangani yaitu hipertiroid nya. Semoga sehat selalu ya Mbak ...πŸ‘

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»