Sunday 30 July 2017

Tentang Giveaway Dan Blog Competition


Waktu awal ngeblog, saya belum mengenal yang namanya komunitas blog. Apalagi lomba blog seperti giveaway maupun blog competition yang hadiahnya lebih besar. Memang ada sebuah group di FB namun group tersebut adalah group seputar kuliner yang tidak langsung berkaitan dengan seluk beluk ngeblog. Makanya blog saya yang pertama yaitu Catatan Yoen isinya kebanyakan resep masakan saja dan hanya sesekali menulis artikel dengan tema bebas.

Setelah beberapa tahun ngeblog, barulah saya mengenal dan bergabung di group penulis blog KEB. Dari situ saya mendapat banyak tutorial ngeblog, info kegiatan untuk blogger dan mengenal yang namanya giveaway blog. Dari group KEB ini juga saya mulai sering blog walking ke blog milik anggota group lainnya.

Saya pertama kali ikut giveaway di blog Keina Tralala dengan tema November Rain. Dalam lomba ini kita harus menulis 200 kata saja. Dan bagi saya yang tidak biasa menulis tulisan bebas, menulis 200 kata saja ternyata tidak mudah. Lha biasanya nulis resep cake ini tiba-tiba harus mengarang bebas. Tapi akhirnya selesai juga dan saya beruntung mendapatkan hadiah hiburan. Hadiah yang membuat saya jadi semakin semangat untuk ikut giveaway.

Setelah giveaway yang pertama itu saya jadi senang ikut giveaway. Pernah menang tapi lebih banyak kalahnya, he. Tapi yang jelas kemampuan menulis pun semakin terasah. Kalau pertama menulis 200 kata itu sulit lama-lama menulis 500 kata itu tidak terasa, he.

Setelah sering ikut giveaway saya mulai tertantang untuk ikut blog competition, yang biasanya di sponsori oleh BUMN atau produsen untuk mempromosikan produknya. Tentu saja hadiah lomba ini lebih besar dengan syarat dan kriteria penilaian yang bermacam-macam. Bisa dibilang even semacam ini sangat bergengsi karena ulasan tema yang lebih mendalam dan pesertanya banyak.

Sekali dua kali tidak menang, akhirnya pada lomba blog dari OMRON Nebulizer, artikel saya yang berjudulTerapi Gangguan Pernapasan Lebih Mudah Dengan OMRON Nebulizer termasuk yang beruntung mendapatkan hadiah hiburan berupa merchandise. Senang sekali waktu itu dan hadiah pertama ini lebih menyemangati saya untuk ikut lomba blog.  


Tak dipungkiri memang hadiah dan aroma kompetisi memberikan tantangan tersendiri saat mengikuti lomba blog. Begitupun dengan saya, seneng sekali waktu dapat souvenir dan pernah juga mendapat hadiah uang dari lomba blog. Tetapi menurut saya minat menulislah yang membuat orang itu terus bertahan ngeblog dan terus menulis.

Menurut saya pribadi banyak hal yang bisa kita ambil manfaatnya dari giveaway atau blog competition :

     #update blog

Giveaway menantang saya untuk menulis dan otomatis blog saya terupdate. Cocok untuk saya yang nulisnya cuma angot-angotan. Kadang ingin nulis tapi bingung mau nulis apa. Nah, dengan ikut giveaway ini jadi punya bahan tulisan, kan ? Syukur-syukur kalau menang dan dapat hadiah.

     #mengasah kemampuan menulis

Practice make perfect. Awalnya saya bingung bagaimana cara menulis artikel yang enak dibaca. Kadang-kadang satu artikel bisa saya ubah berkali-kali karena terlihat masih wagu ( = aneh ). Dengan semakin sering menulis lama-lama saya bisa menulis dengan lancar. Meskipun hingga saat ini saya masih sangat jauh dari terampil tetapi dibanding beberapa tahun yang lalu sudah kelihatan bedanya.

     #ide tulisan yang menarik

Ada satu hal yang saya suka dari giveaway yaitu ide menulis dengan tema yang unik. Seperti misalnya menulis tentang isi tas. Dalam kodisi biasa mungkin saya tak pernah terpikir dan merasa lucu untuk menulis tentang isi tas kita sendiri. Tapi melalui giveaway semua topik menjadi sah-sah saja. Begitu juga dengan topik tentang hujan, permainan anak-anak, tentang nostalgia dan lain sebagainya. Semua bisa menjadi tulisan yang menarik.

     #menambah pengetahuan

Banyak ilmu yang kita dapat dari menulis. Tema lomba giveaway sangat beragam dan kadang-kadang membutuhkan referensi. Misalnya lomba blog dari produk kecantikan atau suplemen kesehatan biasanya disertai dengan sedikit teori yang mendukung tulisan. Nah, agar bisa menulis dengan baik kita butuh referensi yang sesuai tema dan mau tak mau harus memahaminya agar tulisan kita menjadi runut dan jelas.

     #banyak teman

Jujur kalau tidak sedang lomba blog saya kurang rajin blog walking. Karena kadang sulit untuk memantau komentar dan membalasnya. Saat lomba blog biasanya saya berusaha untuk bisa blog walking dan saling berkomentar di tulisan blogger yang lain. Dan karena blog walking ini saya jadi hafal beberapa blogger walaupun tak bertemu di dunia nyata.

🌼🌾🌼🌾🌼

Dan menulis pun ada rejekinya masing-masing. Karena itu tak perlu galau kalau tak menang. Bisa jadi tulisan yang menurut kita bagus, tidak sesuai kriteria penilaian juri. Hmm dan ngomong-ngomong saya sudah sering mengikuti giveaway dan sebenarnya juga ingin mengadakan sebuah giveaway. Tapi entah kapan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»