Wednesday 6 December 2017

Seputar Tiket Elektronik ( E-ticket ) Pesawat Terbang

Pesawat sebagai salah satu mode transportasi kini semakin banyak dipilih dengan pertimbangan efisiensi waktu dan kenyamanan. Dan semakin banyaknya maskapai yang menawarkan penerbangan berbiaya murah memberikan keleluasaan masyarakat untuk memilih sesuai kebutuhan dan budget masing-masing.

Berbeda dengan jaman dulu di mana tiket pesawat bentuknya adalah lembaran-lembaran kertas, kini pelayanan tiket untuk calon penumpang pesawat menggunakan sistem pencatatan digital yang kita kenal dengan e-tiket. Dengan e-tiket data penumpang dan detail penerbangan tercatat dalam database maskapai. E-tiket ini tidak perlu dicetak dan saat check in kita cukup menunjukkan kode bookingnya.

Seputar Tiket Elektronik ( E-ticket ) Pesawat Terbang

Selain hemat kertas dengan e-tiket ini calon penumpang tidak perlu khawatir hilang tiket karena tiket kita telah tercatat di database maskapai. Dan lebih simpel lagi karena kini calon penumpang tidak perlu repot-repot ke agen travel karena e-tiket bisa dipesan secara online dari smartphone masing-masing.

Di mana saja kita dapat membeli tiket pesawat ?

Jaman dulu kita bisa membeli tiket langsung di bandara di konter maskapai. Namun kini, sesuai instruksi menteri perhubungan yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan dengan nomor HK. 209/I/16/PHP. 2014 tertanggal 31 Desember 2014, konter untuk penjualan tiket di terminal penumpang telah ditiadakan. Ruangan konter tersebut sekarang lebih difungsikan sebagai customer service untuk melayani perubahan rute penerbangan, pembatalan penerbangan atau refund.

Kini calon penumpang dapat membeli tiket melalui website resmi maskapaisitus penjualan online yang terpercaya atau agen travel yang pada dasarnya juga menggunakan sistem online.

Membeli tiket di agen travel

Dulu saya selalu ke agen travel untuk mencari tiket pesawat. Waktu itu saya belum familiar dengan seluk-beluk pembelian tiket elektronik. Ditambah lagi handphone nya masih jadul, tidak leluasa untuk internetan dan mencari tiket murah. Dan meski bisa internetan dengan laptop saya belum pede kalau harus pesen  tiket sendiri. Takut ada yang keliru dan pesanan gagal.

Saat kita membeli ticket di agen travel maka petugas agen travel yang akan terhubung secara online dan melakukan pemesanan. Data calon penumpang akan masuk ke database maskapai dan pihak agen travel akan menerbitkan lembar initerary ( rencana perjalanan ).

Dalam lembar initerary ( rencana perjalanan ) tertulis kode booking, nama maskapai, nomor penerbangan, tujuanjam boarding, jam keberangkatan dan detail penumpang serta jatah bagasi. Ada baiknya kode booking ini dicatat untuk mengantisipasi kalau lembar initerary hilang, kita masih bisa check-in di bandara dengan menunjukkan kode booking.

Membeli Tiket Di Situs Perjalanan Online

Kini sistem pembayaran elektronik dipakai di banyak layanan publik. Teknologi handphone semakin canggih dan rata-rata orang sudah memiliki gadget satu ini. Ini memudahkan kita membuka situs perjalanan dan mencari tiket pesawat kapan saja di mana saja.

Di situs perjalanan kita bisa mencari harga tiket terbaik sesuai rencana bepergian. Tidak perlu lagi melihat satu per satu ke website maskapai, situs perjalanan menggabungkan data dari ratusan jadwal penerbangan dan menyajikannya untuk kita. Proses pemesanannya pun relatif mudah. Setelah kita menyelesaikan pemesanan, kita akan diberi waktu untuk menyelesaikan transfer pembayaran. Selesai transfer maka e-tiket akan terbit dan akan dikirimkan ke e-mail pemesan.

Baca juga : Tips Bepergian Dengan Pesawat Terbang

Beberapa situs perjalanan bahkan memiliki aplikasi yang bisa diunduh di handphone sehingga memudahkan calon penumpang untuk bertransaksi. Mencari, melihat harga dan memesan tiket pesawat dimana saja dan kapan saja. Dan melalui aplikasi, kita tak perlu print e-tiket, karena e-tiket yang telah terbit otomatis tersimpan di aplikasi. Saat check in calon penumpang tinggal buka aplikasi dan menunjukkannya kepada petugas bandara.

Tentang Tiket Promo

Banyak promo dari maskapai menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen. Dengan biaya lebih terjangkau kita sudah dapat bepergian dengan pesawat ke tujuan-tujuan favorit. Untuk diketahui, biaya murah bukan berarti mengabaikan keselamatan lho ya. Tarif murah yang dikeluarkan oleh beberapa maskapai tersebut karena pihak maskapai menghilangkan beberapa fasilitas  kenyamanan yang ada pada tarif yang lebih mahal.

Namun harga yang lebih murah ini bisa jadi berbeda dengan tiket normal dalam hal fasilitas dan kompensasi. Ada kalanya pada tiket promo ini harus menambah bayar untuk memilih tempat duduk sesuai keinginan, jam terbangnya pada malam hari dan tidak ada pengembalian bila hendak merubah rute atau membatalkan penerbangan. Jadi, pikirkan baik-baik ya sebelum memutuskan untuk memilih tiket promo.

Seputar Tiket Elektronik ( E-ticket ) Pesawat Terbang

Membeli tiket jauh-jauh hari adalah pilihan bijak saat anda bepergian pada masa lebaran atau masa liburan sekolah. Terutama bila anda pergi dengan rombongan yang banyak. Tidak mau kan kalau rencana perjalanan anda gagal karena pesawat sesuai tujuan anda sudah kehabisan tempat duduk ? Selain itu, dengan membeli tiket jauh-jauh hari kita masih bisa mendapatkan tiket yang harganya lebih murah dan leluasa saat mengubah jadwal keberangkatan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»