Monday 10 July 2017

Blog Baru Dengan Template Blogger Terbaru

Akhirnya saya punya rumah baru untuk menulis ...
Setelah beberapa tahun ngeblog di Catatan Yoen, arah menulis saya memang agak bergeser, terutama sejak ikut giveaway dan lomba blog. Yang tadinya nulis resep saja, sekarang semakin suka menulis dengan berbagai topik. Dan itu membuat saya selalu merasa aneh saat tulisan-tulisan tersebut berada di blog yang berisi resep dan kuliner. Karena itulah saya membuat blog yang saya khususkan untuk menulis tulisan non resep.

Tapi mengelola dua blog itu bagi saya tidak mudah. Saya pernah punya 2 blog yang akhirnya berujung pada penghapusan oleh saya sendiri, he. Dihapus karena memang jarang diupdate dan pengunjungnya sedikit. Makanya untuk membuat blog lagi, harus dipertimbangkan betul-betul, agar tidak terbengkalai.

Ada lagi penyebab saya males membuat blog baru, yaitu mencari template-nya. Saya ini selalu kepincut kalau ada blog yang tampilannya enak dilihat dan dibaca, sementara saya inginnya utak-atik sendiri. Karena itu blog pertama saya, pernah jadi korban uji coba ganti template dan mungkin puluhan kali di utak-atik html-nya. Meski akhirnya setelah bertahun-tahun, blog pertama itu saya pasang juga template premium hasil beli di Gooyabi Template.

Sebenarnya untuk blog ini saya bisa saja memakai template dari blog terdahulu. Tetapi blog saya akan jadi kembar dong. Dan menurut saya blog pertama itu agak rumit tampilannya. Saya pengen untuk blog non resep ini lebih simpel dan bersih yang sederhana tapi enak dilihat dan mudah untuk dibaca isinya.

Terpikir juga beli template premium untuk blog ini, tapi khawatir sudah dibeli tapi akhirnya kurang cocok jadi urungkan dulu niat untuk beli. Dan saya juga belum membutuhkan template dengan banyak fitur, karena terbukti ngeblognya masih sesempatnya. Mungkin nanti kalau isinya sudah banyak, akan saya pertimbangkan beli template premium. Sekarang gratisan dulu deh ... he.

Hingga suatu saat saya coba-coba pasang template terbaru dari blogger yang tampilannya agak beda dari template-template terdahulu. Dari coba-coba ini saya lihat tampilannya lumayan bagus tanpa banyak saya dimodifikasi. Ditambah belakangan ini saya juga mendapat banyak tutorial untuk me-redirrect beberapa artikel blog lama menuju blog baru sehingga artikel non resep di blog lama bisa dipindah ke blog yang baru. 


Belum banyak yang membahas tentang template ini. Makanya waktu coba utak atik sendiri, agak sulit juga. Saya sih pakai cara try and error saja, karena bukan ahli kode, he. Sejauh ini saya suka tampilan web maupun tampilan mobile-nya. Harapannya blog baru ini menjadi tempat yang nyaman dan bermanfaat untuk berbagi ide.


Tapi ternyata template blog ini tak bertahan lama juga. Beberapa hari saja saya memakai template bawaan ini, saya menemukan template gratis yang lebih menarik. Template yang simple dan saya pikir akan cocok kalau dipakai di blog personal dengan berbagai topik tulisan.

Tak berpikir panjang, saya ganti template lagi. Setelah diedit di sana sini ( seperti biasa dengan tryal ), maka jadilah blog bernuansa biru-ungu ini sebagai wajah blog baru saya.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»