Friday 7 June 2019

Macam-Macam Bentuk Ketupat

Siapa yang tak kenal dengan ketupat? Makanan khas satu ini mungkin salah satu yang paling ditunggu saat lebaran. Biasanya dua hari atau sehari sebelum Idul Fitri, di pasar-pasar dan di jalan-jalan akan banyak sekali pembuat selongsong ketupat yang menggelar dagangannya. Saya sering gemes kalau melihat para pembuat ketupat ini menganyam janurnya.

Dulu, saat masih banyak waktu luang dan masih mudah mendapatkan janur, saya sering ikut membuat selongsong ketupat sendiri. Sekarang lebih sering beli ke tetangga atau ke penjual yang saya temui. Seperti lebaran kali ini, beberapa hari sebelum lebaran Ibu sudah pesen selongsong ketupat ke tetangga saya. Dan saya cuma pesen supaya dimintakan janurnya agar bisa ikut menganyam ketupat, he.

Keunikan ketupat ini adalah bentuknya yang beraneka ragam. Dari helai daun yang sama bisa dianyam menjadi berbagai macam bentuk yang berbeda. Ini beberapa bentuk ketupat yang masih bisa saya buat sampai sekarang :

1. ketupat Shinta 

Macam-Macam Bentuk Ketupat
Ketupat shinta ini pasti sudah sangat familiar bagi kita. Tidak hanya saat lebaran pada hari biasa pun kita bisa menjumpai ketupat ini disajikan bersama lotek, gado-gado, kupat tahu, tahu guling dan sebagainya.

2. Ketupat panggang

Macam-Macam Bentuk Ketupat
Bentuk ketupat ini menyerupai bentuk belah ketupat yang mana sisi-sisi nya sama panjang dengan sudut yang berhadapan sama besar. Volumenya paling kecil dibanding dengan lainnya. Mungkin karena volumenya yang kecil ini sehingga jarang dibuat untuk dimakan ya, he.

3. Ketupat Gunung

Di daerah saya ketupat ini dinamai ketupat gunung karena bentuknya seperti gunung. Tapi ada yang menyebutnya ketupat bawang.
Macam-Macam Bentuk Ketupat
Tentang ketupat ini, saya teringat kejadian beberapa tahun lalu. Waktu itu saya main ke tempat tetangga yang menjual selongsong ketupat. Saya waktu itu ikut nganyam ketupat juga di rumahnya. Salah satunya ketupat gunung ini. Tetangga saya ini bilang di pasar ada yang menanyakan bentuk ketupat ini, sayangnya dia tidak menjual karena tidak bisa membuatnya. Lalu dia minta diajari cara membuat ketupat gunung ini, he. Siiplah .. Akhirnya saya dan dia saling belajar.

4. Ketupat Luwar

Macam-Macam Bentuk Ketupat
Ketupat ini pola anyamannya berbeda dengan ketupat yang lain. Ada yang bilang ketupat ini rumit dan paling sulit tapi ada juga yang bilang justru ini yang paling mudah. Selain untuk dihidangkan di meja makan, ketupat ini juga sering diikutkan dalam kenduri di malam 1 Syawal. Sesuai namanya ketupat ini menjadi simbol ngluwari ( keluar ) dari Ramadan menuju Idul Fitri.

Baca juga : Ketupat, Tradisi dan Ketentuan Ibadah

Itu beberapa jenis ketupat yang sering kita jumpai. Selain ini masih banyak sekali bentuk-bentuk ketupat yang saya tak bisa membuatnya. Kadang-kadang ketupat ini dibuat sebagai hidangan saja, tapi masih ada juga yang membuatnya sebagai tradisi pada acara-acara tertentu. Kalau saya sih membuatnya semata-mata untuk hidangan saja.

Nah, kalau di tempat anda ada ketupat apa saja? Silakan diceritakan di kolom komentar ya.

2 comments:

  1. MAu tahu lebih banyak tentang bentuk ketupat Nusantara dan cara membuatnya bisa berkunjung ke youtube channel Ketupat Klasik dan Modern.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»