Wednesday 17 July 2019

Mengecek Arah Kiblat Dengan Bayangan Benda

Fenomena alam memang selalu mengagumkan. Dari yang bisa langsung kita lihat keindahan wujudnya sampai faedah-faedah dari keteraturan ciptaan alam ini. Seperti sore ini yang sebenarnya setiap hari kita lihat yaitu timbul tenggelamnya matahari namun pada saat tertentu kita bisa menggunakannya untuk menentukan arah kiblat.

Bersumber dari BMKG pada sore ini kita bisa menentukan arah kiblat dengan melihat bayangan benda oleh sinar matahari. Sebenarnya waktu paling tepat untuk mengukurnya adalah kemarin. Tepatnya pada pukul 16.27 WIB atau pukul 12.27 waktu Ka'bah. Pada waktu tersebut dikatakan matahari akan tepat berada di atas kiblat. Tapi ada toleransi untuk pengamatan masih bisa dilakukan hingga tanggal 18 Juli. Jadi saya bersiap-siap untuk sore ini. Dan beruntung sore ini cuaca cerah.

Cara pengamatan arah ini bisa dengan menaruh benda seperti tongkat atau semacamnya, secara tegak lurus dan mengamati bayangannya pada jam tersebut. Tapi saya tidak memakai sesuatu benda, tapi pakai badan sendiri saja ditemani pohon pisang di kebun saya, he.

Dan ini dia bayangan badan saya pada sekitar pukul 16.27. Oya, untuk waktunya saya memakai patokan waktu dari BMKG.

Mengecek Ulang Arah Kiblat

Saat melihat bayangan badan saya ini, ibu saya bilang, "Kok melencengnya banyak". Hmm, saya pikir juga begitu. Sudut ke arah kanannya sedikit besar dari yang biasanya saya lakukan saat sholat. Jadi saya selama ini kurang sedikit. Atau, apakah arah kiblat bisa berubah. Misal karena pergeseran daratan atau apa gitu. Allahu a'lam.

Di jaman yang semakin modern ini, manusia mempunyai banyak piranti untuk melihat dan menelusuri fenomena alam. Tetapi melihat bagaimana keteraturan alam ini, akan menambah keyakinan kita akan keberadaan Sang Pencipta dan mengendalikan kita agar tidak mendewakan akal semata.

Sumber bacaan :
https://sains.kompas.com/jeo/matahari-tepat-di-atas-kabah-waktunya-cek-ulang-arah-kiblat

4 comments:

  1. Jadi inget jaman dulu kala ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rupanya sudah familiar ya dengan cara ini. Saya agak nyesel kenapa nggak dari dulu nyoba, he.

      Delete
  2. Wah beh juga nih caranya,,,,saya kadang suka bingung kalau misal pergi ke tempat baru kyk digunung gunung gtu,,,,mau pake kompas gak punya,,,,mau pake kompas hp gak ada sinyal wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba nih. Tapi sepertinya cara ini pas jika matahari nya ada di atas kiblat kan ya.

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»