Thursday 27 June 2019

Definisi Jahiliyyah


Jahiliyyah berasal dari kata al-jahl yang berarti bodoh. Jaman jahiliyyah adalah jaman kebodohan. Dalam istilah syariat, jaman jahiliyyah adalah kebodohan yang ada pada orang-orang Arab sebelum Islam datang, berupa kebodohan terhadap Allah, para rasul-Nya dan syariat-Nya.

Kebodohan yang dimaksud  mencakup beberapa hal :
  1. tidak tahu yang haq
  2. meyakini lawan dari al-haq
  3. mengatakan sesuatu yang tidak benar, baik dia tahu kebenaran atau tidak.
  4. semua hal yang menyelisihi apa yang dibawa oleh Rasul, termasuk Yahudi dan Nasrani

Jahiliyyah ada dua macam :

Pertama adalah jahiliyyah 'ammah atau muthlaqah yang sifatnya menyeluruh.
Jahiliyyah 'ammah terjadi pada jaman sebelum datangnya Islam. Dengan datangnya Islam maka jahiliyyah 'ammah ini terhapus. Karena tidak mungkin di suatu waktu setelah datangnya Islam, manusia di seluruh belahan bumi ini dalam keadaan jahiliyyah.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Akan tetap ada sekelompok dari umatku yang nampak di atas yang haq tidak memudharatkan mereka orang yang mengacuhkan mereka, ssmpai datang peritah Allah sedang mereka tetap dalam keadaan demikian. ( Shahih, HR. Muslim dari Tsauban ).


Kedua, jahilliyyah muqoyyadah yang sifatnya terkait, baik terkait dengan tempat, seseorang atau kelompok manusia.
Jahiliyyah muqoyyadah  masih ada di sebagian umat ini.
Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Ada empat perkara pada umatku yang termasuk karakter jahiliyyah, yang mereka tidak akan meninggalkannya : berbangga dengan nasab, mencela nasab, meminta hujan dengan bintang dan meratapi mayat." ( Shahih, HR. Muslim dari Abu Malik Al-Asy'ari )

Kesimpulan :
Kita tidak boleh mensifati umat setelah datangnya Islam dengan sifat jahiliyyah yang mutlak. Misalnya dengan mengatakan bahwa jaman ini adalah jaman jahiliyyah atau abad ini adalah abad jahiliyyah. Dibolehkan kita mensifati dengan sifat jahiliyyah yang terkait ( muqoyyadah ), misalnya orang itu mempunyai sifat jahiliyyah atau kampung ini adalah kampung jahiliyyah. Tentunya hal ini jika keadaan orang atau kampung tersebut memang demikian.

( Sumber : Majalah Syariah , Syawal 1424 H )

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»