Monday 4 September 2017

Pisang Cavendish Sunpride, Pilihan Tepat Untuk Ngemil Sehat

Pisang Cavendish Sunpride Pilihan Tepat Ngemil Sehat

Indonesia dengan iklim tropis adalah negeri yang kaya dengan berbagai jenis buah. Pepaya, pisang, nanas, jeruk, jambu adalah buah-buahan tropis yang hampir selalu ada setiap hari. Selain itu ada buah musiman seperti rambutan, durian, mangga, duku, salak, kelengkeng yang berbuah lebat pada waktu-waktu tertentu saja.

Buah-buahan tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan untuk fungsi metabolisme dan memperkuat kekebalan. Kandungan seratnya bermanfaat memperlancar pencernaan dan menyerap kelebihan lemak dan kolesterol. Selain itu buah juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Karena manfaatnya tersebut sangat dianjurkan bagi kita untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap hari. Kalau dulu kita mengenal "Empat Sehat Lima Sempurna' sekarang kita mempunyai Pedoman Gizi Seimbang, dimana buah tetap menjadi bagian dari setiap porsi makanan kita.
Pisang Cavendish Sunpride Pilihan Tepat Ngemil Sehat
sumber gambar : http://gizi.depkes.go.id
Sayangnya tak semua orang bisa makan semua jenis buah karena beberapa alasan. Saya adalah salah satunya. Akibat penyakit maag yang sering kambuh saya lebih selektif memilih buah yang saya makan. Yang pasti saya menghindari buah yang rasanya terlalu asam. Kalaupun harus makan pasti dikonsumsi setelah makan besar.

Dan karena maag ini pula, saya jadi sering ngemil agar lambung tidak kosong terlalu lama. Ngemilnya tentu tak boleh sembarangan, karena salah pilih makanan bisa-bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Akhirnya saya memilih buah pisang yang paling aman dikonsumsi saat jeda makan. Karena kebiasaan ngemil pisang inilah saya mengenal beberapa macam jenis pisang, salah satunya adalah Pisang Cavendish Sunpride.

Pisang Cavendish Sunpride, Pilihan Tepat Untuk Ngemil Sehat

Pisang Cavendish Sunpride teksturnya lembut sehingga aman untuk dikonsumsi meskipun lambung masih kosong. Selain itu rasanya yang enak dan manis, tidak membosankan untuk sering dikonsumsi. Pisang Cavendish Sunpride juga mudah didapat dan dibawa sebagai bekal. Saya senang membawanya ke tempat kerja atau menyimpannya di rumah, untuk berjaga-jaga bila makanan besar belum tersedia, buah pisang ini bisa untuk mengganjal perut sementara.

Dan bukan hanya soal tekstur dan rasa saja, Pisang Cavendish Sunpride ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Pisang Cavendish Sunpride

Berikut ini fakta kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pisang Cavendish Sunpride :
  • buah pisang mengandung 3 jenis karbohidrat ( fruktosa, sukrosa dan glukosa ) yang dapat mengembalikan energi tubuh lebih cepat dari sumber karbohidrat lain seperti nasi atau roti. Karenanya buah pisang sering dipilih oleh atlet untuk mengembalikan energi secara berkesinambungan setelah berlatih. Tetapi pisang juga tidak menaikkan gula darah secepat gula pasir atau sirup. Karenanya buah pisang relatif aman untuk penderita penyakit gula.
  • kandungan serat dalam pisang yaitu pektin merupakan serat larut air bermanfaat membantu memperlancar pencernaan, mencegah sembelit dan menurunkan risiko terkena cancer colorectal.
  • mengandung vitamin A dan vitamin C yang merupakan antioksidan mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas.
  • elektrolit dalam buah pisang bermanfaat sebagai pengganti elektrolit yang hilang pada orang yang mengalami diare.
  • vitamin B6 buah pisang cukup tinggi yang bermanfaat membantu metabolisme karbohidrat sebagai sumber energi.
  • dalam 100 gr Pisang Cavendish Sunpride terkandung sekitar 358 mg kalium yang membantu mengatur kerja jantung, menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan tubuh yang akhirnya ikut berperan menjaga kesehatan ginjal. Kalium juga bermanfaat untuk mengendalikan kerja otot dan tulang sehingga mencegah kram atau keseleo
  • terdapat 1 mg natrium dalam 100 gr Pisang Cavendish yang tergolong sangat rendah sehingga aman dikonsumsi penderita hipertensi.
Dan masih banyak kandungan mineral lain yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh. ( Untuk info gizi selengkapnya dari Pisang Cavendish Sunpride silahkan cek di artikel ini. )
Nah, luar biasa bukan manfaat buah pisang untuk kesehatan. Yuk kita jadikan pisang sebagai bagian dari menu makan kita sehari-hari. Sayang sekali kalau kita yang tinggal di negeri penghasil buah ini, tidak mau mengambil manfaatnya.

Di mana Bisa Membeli Pisang Cavendish Sunpride ?

Di pasaran Pisang Cavendish Sunpride dijual dalam beberapa jenis yaitu : cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8 fingers, Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers sedangkan Cavendish single terdiri dari 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur.


Di supermarket tempat saya biasa belanja, Pisang Cavendish Sunpride yang dijual adalah  jenis cluster berisi 3-5 buah. Sedangkan untuk jenis fingers dan single saya jarang melihatnya di sini. Tiap-tiap cluster biasanya sudah diberikan label harga sehingga bisa tinggal memilih sesuai keinginan.

Pisang Cavendish Sunpride, Pilihan Tepat Untuk Ngemil Sehat
struk pembelian Pisang Cavendish Sunpride

Pisang Cavendish Sunpride Pilihan Tepat Ngemil Sehat
waktu dapat diskon untuk pembelian Pisang Cavendish Sunpride
Pisang Cavendish Sunpride dapat dibeli di supermarket atau hipermarket terdekat. Agar tak salah pilih perhatikan sticker 'sunpride' pada setiap clusternya ya ...

Penting ! Pisang Cavendish Bukan Buah Impor

Bila disandingkan dengan pisang jenis lain, Pisang Cavendish Sunpride tampak berbeda karena warna buahnya yang kuning cerah, kulit buahnya bersih dan besar buah yang seragam. Karena tampilannya yang mewah ini banyak yang beranggapan Pisang Cavendish Sunpride adalah buah impor. Anggapan ini menyebabkan orang enggan untuk melihat dan membelinya. Padahal faktanya tidak demikian ...
Lokasi budidaya Pisang Cavendish Sunpride

Pisang Cavendish Sunpride dibudidayakan di daerah Lampung, Sumatera. Adalah PT. Sewu Segar Nusantara yang bekerjasama dengan Nusantara Tropical Farm (NTF) untuk menghasilkan buah-buah berkualitas seperti : Pisang Cavendish, Nanas Honi, Guava Crystal, Pepaya, dan Buah Naga.

Bibit Pisang Cavendish Sunpride dikembangbiakkan dengan metode kultur jaringan sehingga pohonnya tidak mudah terserang penyakit dan menghasilkan buah yang baik. Warna kulit buah yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal sejak pembibitan, penanaman, panen buah hingga pengemasannya.

Nah, sekarang tak perlu ragu lagi ya untuk membeli buah-buahan bermerk 'Sunpride'. Karena semua buah ini ditanam di negeri sendiri.

Variasi Olahan Berbahan Pisang

Walaupun termasuk jenis buah meja yang lebih enak disajikan secara langsung, Pisang Cavendish Sunpride bisa juga disajikan dalam berbagai variasi hidangan. Dikombinasikan dengan buah lain anda dapat membuat jus buah segar dari Pisang Cavendish Sunpride. Anda juga bisa membuat pancake pisang, es pisang cokelat atau cake pisang dengan pisang yang sudah sangat masak. Namun begitu yang harus diingat bahwa kandungan nutrisi terbaik buah-buahan adalah saat dikonsumsi dalam keadaan segar

🍌🍌🍌
Pisang adalah buah yang sangat mudah di temukan di negeri kita. Pisang Cavendish Sunpride adalah salah satu jenis pisang yang tak hanya enak untuk dikonsumsi tapi juga mengandung banyak nutrisi. Pilihan tepat untuk yang sehat, aman dan nyaman bagi yang sakit. Yuk, kita ngemil pisang saja !

Referensi :
Rita Ramayulis, DCN., M.Kes. , 2016, Super Jus
Diana Damayanti, 2015, Pisang Untuk Anak
Medical News Today, 2017, Bananas : Health benefits, facts, research ( Web ) http://www.medicalnewstoday.com/articles/271157.php. Diakses September 2017

4 comments:

  1. Betul sekali. Pisang adalah camilan yang menyehatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip Mbak Farida, mari lanjutkan ngemil pisangnya.πŸ‘

      Delete
  2. Betul... Dari pada ngemil dengan makanan junkfood mending pilih buah2an ya...
    Pos an sunpride ini cocok banget nih...

    Keluarga saya suka banget lho! :)

    salam
    Okti Li

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Okti. Mari mulai gantikan junk food dengan buah.

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»