Wednesday 30 August 2017

Variasi Olahan Berbahan Pisang


Pisang adalah salah satu buah tropis yang tidak mengenal musim dan selalu kita temui sehari-hari. Disukai karena tekstur yang lembut, pisang juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di negara kita terdapat banyak jenis pisang, antara lain pisang ambon, pisang kepok, pisang raja, pisang tanduk, pisang emas dan masih banyak lagi. Masing-masing punya ciri khas rasa dan aroma tersendiri.

Rajin mengkonsumsi buah pisang memang baik untuk kesehatan. Tapi ada kalanya kita bosan dengan buah pisang kalau dimakan begitu saja. Dan dari sekian banyak jenis pisang, ada pisang yang enak dimakan sebagai buah segar, ada juga pisang yang lebih enak bila diolah dulu.
Berikut ini beberapa variasi sajian berbahan pisang yang bisa kita coba :

1. es pisang coklat

Paduan pisang dan cokelat banyak digemari terutama anak-anak. Kita memerlukan cokelat leleh untuk membuat camilan ini. Berikut caranya :
  • Gunakan pisang ambon atau pisang cavendish.
  • Potong pisang sesuai selera. Tusuk memakai tusuk sate atau tusuk es.
  • Lelehkan dark cooking cocholate, beri sedikit susu cair agar tidak terlalu pekat.
  • Celup pisang ke dalam cokelat leleh. Bekukan. Es pisang cokelat siap dihidangkan.p


2. pisang cokelat keju

Olahan pisang ini simpel dan dapat dibuat sewaktu-waktu di rumah. Gunakan pisang uli atau pisag kepok. Caranya sebagai berikut :

  • panaskan wajan anti lengket, oles margarin tipis-tipis. 
  • Pipihkan ( geprek ) pisang, taruh di atas wajan, bolak-balik hingga matangnya rata, angkat.
  • Panas-panas taburi dengan cokelat meises atau susu kental manis dan tambahkan keju parut bila suka.


3. kolak pisang

Sering muncul saat ramadhan, kolak juga cocok untuk hidangan sehari-hari. Agar tak melulu isinya pisang kita juga dapat menambahkan kolang-kaling atau ubi ke dalam kolak. Kolak pisang cocok memakai pisang kepok atau pisang tanduk. Resep kolak ini banyak sekali versinya, silahkan googling ya ...

4. lumpia pisang cokelat

Variasi Olahan Pisang

Untuk membuat camilan ini kita membutuhkan beberapa lembar kulit lumpia. Tapi tidak perlu khawatir karena kulit lumpia siap pakai banyak dijual di swalayan.
Caranya : belah pisang memanjang menjadi 2 atau 4 bagian, sesuaikan dengan besar kulit lumpia. Ambil selembar kulit lumpia, taruh pisang taburi dengan meises. Lipat seperti amplop dan rekatkan dengan putih telur. Panaskan minyak di wajan, goreng lumpia hingga kuning keemasan. Setelah dingin boleh dihias dengan cokelat leleh agar tidak disangka lumpia sayur, he.

5. carang gesing


Terbuat dari pisang kepok, telur, santan, gula, carang gesing ini termasuk mudah dibuat. Untuk membuatnya tidak perlu alat berat seperti mikser dan memasaknya pun dengan cara dikukus. Jadi tidak perlu khawatir gagal. Carang gesing dapat dibuat dengan banyak kuah, sedikit kuah atau yang lebih set tanpa kuah.

6. cake pisang

Pisang ambon dan pisang cavendish sering ditambahkan ke dalam adonan cake. Pilih yang matang sekali ( kulit sudah mulai berbintik-bintik ) sehingga rasa dan aromanya kuat dan daging buahnya mudah dilumatkan. Resep cake pisang juga sangat banyak versinya. Salah satu resep cake pisang yang simpel, bisa dilihat di sini.

Variasi Olahan Pisang

Untuk variasi resep sponge cake, anda dapat menambahkan irisan pisang di dasar sponge cake. Gunakan pisang raja atau pisang kepok yang sudah matang. Potong pisang bulat-bulat, tata di loyang, beri parutan keju tipis-tipis. Tuang adonan sponge cake seperti biasanya, panggang hingga matang.

Banyak sekali variasi hidangan dari pisang. Namun begitu yang perlu diperhatikan bahwa yang paling baik mengkonsumsi buah-buahan adalah saat buah tersebut masih segar sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak berkurang. Selamat mencoba !

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.📝🌻🌸🌻