Thursday 5 September 2019

Ketika Saya Ingin Menaikkan Berat Badan

Diet menurunkan berat badan mungkin sering kita dengar. Tetapi diet menaikkan berat berat badan sepertinya tidak banyak yang membahasnya. Mungkin karena anggapan bahwa menaikkan berat badan ( BB ) tidak sesulit menurunkannya. Atau bisa jadi orang yang ingin menaikkan BB tidak sebanyak yang ingin menurunkannya, he.

tips menaikkan berat badan

Sebenarnya kelebihan maupun kekurangan BB adalah kondisi yang sama-sama beresiko mengalami masalah kesehatan. Kelebihan BB dapat meningkatkan risiko terkena stroke, penyakit diabetes, hipertensi dan dapat menghambat akvititas karena cepat lelah akibat hambatan saat bernapas.
Sebaliknya orang yang terlalu kurus beresiko mengalami osteoporosis, gangguan kesuburan dan resiko mudah terkena penyakit infeksi karena lemahnya kekebalan tubuh.

Ukuran Berat Badan Ideal

Ukuran ideal ini memang relatif untuk tiap-tiap orang. Tapi ada salah satu cara untuk menilai status nutrisi orang dewasa yaitu dengan menghitung Indeks Massa Tubuh ( IMT ). Dari nilai IMT ini akan terlihat apakah perbandingan berat badan dan tinggi badan sesuai dengan standar atau termasuk dalam rentang yang beresiko. Berikut rumus IMT :
tips menaikkan berat badan
Dan rentang nilai IMT adalah :
tips menaikkan berat badan

Jadi mengenai berat badan ini tidak melulu soal penampilan ya, meski tidak dipungkiri faktor penampilan kadang menjadi motivasi yang paling kuat untuk seseorang untuk berjuang mencapai berat badan BB ideal.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal

Ada yang bilang gemuk itu bakat. Begitu juga dengan orang kurus, katanya sudah bawaan. Bagi yang sedang menjalani diit kalau mendengar pernyataan ini pasti langsung hilang semangatnya,he.

Saya mungkin satu di antara banyak orang yang BB nya kurang dari normal dan sulit untuk naik. Padahal dengan IMT 18an dan postur yang jelas nampak kurus sebenarnya saya ingin menaikkannya beberapa kilo lagi.

Ada beberapa sebab yang membuat BB saya sulit naik. Salah satunya adalah keluhan maag yang saya derita selama beberapa tahun belakangan. Akibat gejala maag yang sering muncul tersebut membuat lambung saya jadi lebih sensitif. Tidak bisa asal makan, karena salah makan bisa menjadi keluhan berkepanjangan. Saya juga tidak bisa makan asal banyak karena perut jadi tidak nyaman. Pada masa-masa itu kenaikan BB sedikit saja bagi saya sudah sangat bermakna.

Namun ada suatu saat di mana timbul keinginan saya untuk benar-benar menaikkan BB. Minimal bisa masuk range IMT normal. Ada beberapa sebab yang membuat saya termotivasi untuk menaikkan BB yang salah satunya adalah faktor penampilan. Karena ternyata eneg juga ya saat ketemu teman selalu dibilangin “Kok kurus terus."

Selain itu dalam kegiatan sehari-hari, orang kurus itu sering menjadi 'tersangka'. Misalnya ketika ditawari makanan dan tidak langsung mengambil, biasanya dibilang, "Jaga body ....". Mereka tidak tahu saja bahwa saya ini pengen menaikkan BB namun belum berhasil, he. Atau kejadian ketika saya membuat teh hijau, seorang teman berkomentar, "Biar tetep langsing ya." Nah, kan. Padahal saya membuat teh hijau itu karena hanya teh hijau itulah yang tersedia.

Tapi selain karena hal-hal tersebut, pastinya saya juga ingin kondisi badan lebih fit, lebih tahan terhadap aktivitas dan bisa bekerja lebih produktif.

Dari semangat tersebut akhirnya saya mencari-cari metode yang efektif untuk menaikkan BB. Dan ternyata bukan hanya sekedar makan banyak, tetapi harus memilih makanan yang tinggi energi dan protein. Selain itu saya juga mulai mencoba latihan-latihan otot yang meski sederhana namun efektif untuk pembentukan otot di beberapa bagian tubuh. Kadang lucu juga mengingat semua latihan-latihan tersebut saya lakukan sendiri di rumah dan bukan di fitness center.

Seperti kata pepatah, tak ada hasil yang mengkhianati usaha. Dalam setahun belakangan ini BB saya naik 2,5 kg. Meski lambat namun kenaikan ini sangat bermakna bagi saya. Apalagi kalau mengingat bagian yang paling sulit adalah saat harus meluangkan waktu dan mendisiplinkan diri untuk menjalani sesuatu yang bahkan kita sendiri yang membuatnya, he.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»