Monday 16 September 2019

Membuat Postingan Blog Tanpa Koneksi Internet

Ngeblog itu tidak gratis. Yup, kita butuh meluangkan waktu, tenaga dan biaya untuk mengelola blog. Awal kita membangun blog kita butuh meluangkan waktu dan pikiran untuk menentukan ide seperti apa blog kita nantinya. Kita juga perlu biaya untuk beli kuota internet. Dan kalau template dan domainnya juga beli, kita juga harus butuh merogoh kocek lebih banyak lagi. Begitu juga ketika setiap harinya kita memperbaharui blog.

Mungkin banyak yang seperti saya, kalau sedang membuat postingan kepikiran boros kuota. Salah satu sebabnya karena saya merasa butuh waktu yang cukup lama untuk membuat sebuah postingan. Sehingga ketika saya mengedit postingan dalam keadaan tersambung ke internet ( online ) saya pikir pasti akan banyak menghabiskan kuota.
Sebab yang lainnya adalah karena blog ini tidak/belum memberikan penghasilan, he. Maka perlu kiranya meminimalkan biaya ngeblog agar kegiatan yang menyenangkan ini tidak menjadi hobi yang mahal.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita dapat membuat postingan blog tanpa tersambung ke internet?

Cara Pertama
Bisa dibilang cara ini adalah cara bodon, he. Yaitu dengan mematikan koneksi internet di laptop atau smartphone yang kita pakai untuk nge-blog.
Caranya, setelah kita membuka halaman edit draft postingan di blogger, buka pengaturan koneksi internet di laptop atau smartphone. Matikan koneksi internet. Lalu silakan edit postingan blog anda. Sebelum menyimpan, buka kembali koneksi internet anda dan simpan hasil editan sebagaimana biasanya.

Cara Membuat Postingan Blog Tanpa Koneksi Internet
setting : disconnect

Yang perlu diketahui dari cara pertama ini, perubahan yang kita buat tidak akan otomatis tersimpan. Maka ketika kita tiba-tiba menutup halaman atau merefresh halaman edit, maka perubahan yang kita buat tersebut akan hilang. Berbeda ketika  saat kita mengetik dalam keadaan online perubahan yang kita lakukan akan otomatis disimpan oleh blogger.

Dan tentunya ketika kita mematikan koneksi, maka semua sistem yang membutuhkan koneksi internet seperti pesan chat, video di youtube, aplikasi online lainnya tidak akan berjalan. Yah, namanya juga cara bodon, he.

Cara Kedua
Cara kedua untuk membuat postingan blog secara offline adalah dengan menggunakan aplikasi  Open Live Writer ( OLW ). Aplikasi ini dapat diunduh di laptop dan kita bisa menggunakan versi gratisnya. Untuk mengunduh silakan kunjungi website Open Live Writer ya.

Cara Membuat Postingan Blog Tanpa Koneksi Internet
Source : Open Live Writer-Wikipedia

Sebelum saya mengenal OLW ini sebenarnya saya pernah menggunakan aplikasi pendahulunya yaitu Window Live Writer ( WLW ). Setelah lama tidak update ngeblog dan ganti laptop saya sempat kehilangan akun WLW saya dan bertanya-tanya apakah aplikasi WLW ini masih ada. Ternyata WLW memang sudah tidak bisa diunduh lagi dan sebagai gantinya kita bisa menginstal Open Live Writer.

Cara Membuat Postingan Blog Tanpa Koneksi Internet
Source : Window Live Writer-Wikipedia

Di Open Live Writer kita bisa membuat beberapa akun blog seperti halnya di dashboard blogger. Masing-masing blog ini dapat kita sesuaikan temanya sesuai tema blog yang kita pakai. Saat kita ganti template, kita bisa memperbaharui temanya di Open Live Writer agar sesuai template terbaru.

Beberapa fitur dari OLW ini antara lain : halaman edit yang sesuai tema blog, tag heading, word count, mengunggah gambar dan video serta menu untuk publish tulisan kita ke blogger. Selain itu kita juga bisa melihat preview postingan kita dari layar edit. Dan semua proses edit tersebut bisa dilakukan secara offline. Jadi layaknya kita mengetik di MS Word dengan tampilan seperti template blog kita.

Cara Membuat Postingan Blog Tanpa Koneksi Internet
Tampilan Open Live Writer

Tapi perlu diingat ya. Meski edit postingannya bisa offline, tapi ketika kita akan mengirim draf ke blogger kita tetap harus terkoneksi dengan internet. Demikian juga ketika kita update tema blog, kita harus terkoneksi dulu dengan internet. Jika sedang tidak memungkinkan untuk online, maka tulisan bisa kita disimpan dulu di draf OLW.

Nah itu cara saya mengedit postingan blog tanpa terkoneksi dengan internet. Selain menghemat kuota, dengan aplikasi ini, membuat postingan blog tetap dapat berlanjut meski sedang bermasalah dengan sinyal internet. Silahkan dicoba.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»