Friday 8 March 2019

Pengalaman Membeli Emas di Butik Emas Antam

Dari banyak pilihan investasi, investasi emas adalah salah satu cara berinvestasi yang banyak dipilih. Investasi emas ini bisa dibilang mudah karena tidak memerlukan prosedur yang ribet atau melibatkan pihak lain. Asal ada uang, kita beli emasnya dan menyimpannya artinya kita sudah memulai sebuah investasi. Selain prosedurnya yang simpel, untuk memulainya investasi emas tidak harus dengan modal besar karena emas perhiasan maupun emas batangan bisa kita beli dari pecahan 0,5 gram sekalipun.

Emas perhiasan pastinya tidak asing bagi kita. Tetapi emas batangan mungkin banyak yang belum familiar dan masih ragu-ragu untuk membelinya. Seperti saya dulu yang selalu maju mundur waktu mau membeli emas batangan. Boro-boro emas batangan wong emas perhiasan saja saya tak pernah pakai, he. Tapi akhirnya karena memang merasa butuh kepada investasi ini, saya rajin mencari-cari informasi tentang emas batangan dan tempat membelinya.

Baca juga : Ketika Saya memulai Investasi Emas

Dari beberapa ulasan mengenai investasi emas, akhirnya saya memilih emas batangan produk dari PT Antam. Emas berlogo LM ini memiliki kadar kemurnian 24 karat dengan standar internasional. Kita bisa membeli emas Antam ini di outlet Butik Emas Antam yang ada di beberapa kota besar di Indonesia. Dan saya beruntung ternyata di kota saya ada juga outletnya.

Saya sempat 'singunen' waktu pertama melihat Butik Emas Antam. Karena kalau dilihat dari luar butik emas ini tampak sepi. Berbeda sekali dengan toko emas yang dari luarnya saja sudah tampak ramai pengunjung. Sempat terpikir di benak saya waktu itu apakah butik ini memang untuk umum dan apakah melayani pembelian dalam pecahan kecil.

Masih berusaha mencari-cari info seputar Butik Emas Antam, saya menemukan tulisan di sebuah blog yang berisi pengalaman saat membeli emas di Butik Emas Antam di Jogja. Jadi beneran, memang butik ini melayani pembelian untuk umum meski pecahan kecil sekalipun.

Saat pertama datang ke Butik Emas Antam Jogja, saya adalah satu-satunya pengunjung saat itu. Karena tak ada antrian, saya langsung dipersilahkan oleh pak satpam nya untuk ke konter. Di konter ini kita akan memesan sekaligus membayar emas yang kita beli. Oh ya jika ingin melihat produk yang dijual dan harga terkini kita bisa lho melihat-lihat dulu di etalase yang ada di sana.

Selain emas batangan, Butik Emas juga menjual koin emas, emas bermotif batik dan perak. Tapi karena sebelumnya saya sudah mendapat informasi dari pencarian di internet, saya langsung ke konter saja. Dan waktu itu saya sempat ditanya sama petugas kasirnya, dari mana saya tahu tentang Butik Emas Antam. Mungkin kelihatan ya, kalau saya ini wajah baru yang datang ke Butik Emas ini, he.

Nah untuk pembelian di BELM ini kita diminta untuk menunjukkan kartu identitas kita SIM/KTP. Kartu identitas ini dipakai untuk membuat nota pembelian. Selain itu kita juga ditanya apakah kita sudah mempunyai NPWP. Bagi yang belum punya NPWP maka akan dikenai pajak sebesar 0,9%. Sedangkan yang sudah memiliki NPWP pajaknya lebih kecil yaitu sebesar 0,45%. Jadi kalau sudah punya NPWP jangan lupa dibawa ya.

Butik Emas Antam menerima pembayaran tunai maupun memakai kartu debit. Boleh juga menggunakan kombinasi keduanya. Namun cara tunai ini hanya bisa bisa dilakukan ketika kita membeli. Sedangkan kalau kita menjual, pihak butik hanya akan membayarnya dengan cara transfer ke rekening. Dan nama yang tertera di rekening bank harus sama dengan kartu identitas orang yang penjual tersebut.

Setelah kita menyelesaikan proses pembayaran, kita akan dipersilakan untuk menunggu untuk serah terima barang. Nah, uniknya di Butik Emas Antam serah terima barang dilakukan di loket yang tertutup. Jadi privasi nya sangat terjamin. Saat serah terima, petugas akan menjelaskan detail emas batangan yang kita beli dan mencocokkannya dengan detail yang tertulis di nota pembelian. Kemudian kita diminta membubuhkan tanda tangan di nota pembelian tadi. Setelah itu selesailah transaksi jual beli emas.

Pengalaman Membeli Emas di Butik Emas Antam
dapat hadiah mug 

Apakah harga emas di butik antam sama dengan di situs logammulia dot com ?

Harga emas berubah turun atau naik dipengaruhi oleh banyak hal. Di situs logammulia dot com kita bisa melihat harga emas batangan Antam di masing-masing cabang. Harga di tiap cabang ini berbeda-beda. Yang paling murah tentu saja di Butik Emas pusat yang ada di Jakarta.


Pengalaman Membeli Emas di Butik Emas Antam
Update perbandingan harga emas antam Maret - Agustus 2019

Kalau saya amati harga yang tertera di situs logam mulia dot com lebih murah dibanding harga yang ada di butik. Bisa dimengerti karena harga yang tertera di situs adalah harga jual online. Saat kita bertransaksi online pasti akan ada biaya kirimnya. Mana yang lebih murah, saya pun belum pernah mencoba. Menurut mbak kasirnya sih kalau di tempat kita ada outletnya mending ke outletnya.

Oh ya, selain memproduksi dan menjual emas batangan, PT Antam juga menyediakan fasilitas penyimpanan emas batangan yang namanya BRANKAS. Bagi anda yang ingin investasi emas batangan tapi khawatir akan penyimpanannya anda bisa membuka akun di BRANKAS. Ada beberapa jenis keanggotaan yang bisa kita pilih bahkan dari mulai berat 1 gram. Kalau saya sih masih ingin menyimpannya sendiri, he. Mungkin nanti saya buka BRANKSA kalau emas batangan saya sudah banyak. Aamiin ..

Demikian sekilas pengalaman saya membeli emas di Butik Emas Antam. Semoga bermanfaat bagi yang ingin menabung emas atau mencari informasi seputar tempat membeli emas batangan.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ke Yoen NgeBlog. Saya akan berusaha membalas komentar secepatnya.πŸ“πŸŒ»πŸŒΈπŸŒ»